Latest Updates

Cara Memperoleh eFIN (Electronic Filing Identification Number)

Salah satu syarat untuk memanfaatkan layanan eFiling di situs pajak (www.pajak.go.id) adalah mempunyai Electronic Filing Identification Number disingkat eFIN.

Untuk memperoleh eFIN, Wajib Pajak dapat memperolehnya di Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Wajib Pajak atau kuasanya dapat mengajukan permohonan e-FIN dengan cara mengisi dan menyampaikan formulir permohonan e-FIN secara langsung ke KPP terdekat dengan menggunakan formulir sesuai Lampiran PER-1/PJ/2014 dengan menyertakan:
  1. asli kartu identitas diri Wajib Pajak atau kuasanya untuk ditunjukkan kepada petugas pajak; dan
  2. fotokopi identitas diri WP dan fotokopi NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak; dan
  3. menyampaikan surat kuasa khusus bermeterai sebagai lampiran formulir Permohonan e-FIN dalam hal permohonan disampaikan oleh kuasa Wajib Pajak.
Permohonan dianggap lengkap dan benar dalam hal  nama dan NPWP yang tercantum sesuai dengan nama dan NPWP dalam Master File Nasional DJP; dan memenuhi ketentuan penyampaian permohonan (menunjukkan asli kartu identitas diri Wajib Pajak atau kuasanya; dan menyampaikan surat kuasa bermeterai dan fotokopi identitas diri WP dalam hal permohonan disampaikan oleh kuasa WP).


KPP harus menerbitkan e-FIN paling lama 1 (satu) hari kerja sejak permohonan diterima dengan lengkap dan benar. Kemudian e-FIN disampaikan kepada Wajib Pajak atau kuasanya disampaikan secara langsung.

So setelah eFIN didapat, buruan daftar di situs pajak (www.pajak.go.id) ya... karena setelah 30 hari kalender sejak diterbitkan eFIN tersebut tidak didaftarkan, eFIN tersebut tidak dapat digunakan lagi. Anda harus mendaftar lagi untuk memperoleh eFIN kembali.

Kalo mau download Formulir Permohonan eFIN, silakan download di sini

6 Responses to "Cara Memperoleh eFIN (Electronic Filing Identification Number)"

makhfal nasirudin said...

Baiklah pak Usik yang sudah ngelotok pilosopi (ah maaf nulisnya barangkali salah) pajak nya... saya cuman mau ketawa aja pak.... hehehehehe toplah udah tau pilosopi pajak... ketauan kok pak dari komen Bapak...

farison gapuraniaga said...

klo eFIN tidak berlaku lagi setelah 30 hari.

mending lapor pajaknya langsung aja di KPP ga perlu daftar2 online
klo tiap tahun mesti ke kantor pajak juga buat minta eFIN

makhfal nasirudin said...

bikin eFIN cukup sekali pak, tidak perlu tiap tahun...

Rasdiman Rasyad said...

Saya sudah dapat nomor e-FIN. Waktu saya mau masuk sistem e-FIN DJP, ditanya nomor NPWP dan password. Nomor NPWP bisa saya isi, di kolom password saya ini dengan nomor e-FIN yg sudah saya miliki. Waktu di-enter, ternyata gagal dengan jawaban "User tidak ditemukan". Kenapa ya? Apakah nomor e-FIN itu bukan password?

makhfal nasirudin said...

@farison: betul eFIN berlaku 30 hari, artinya dlm jangka waktu 30 hari harus diaktivasi, setelah dia ktivasi eFIN tidak diperlukan lagi pak...

makhfal nasirudin said...

@Rasdiman Rasyid: eFIN diperlukan untuk aktivasi pak, jadi pilih daftar di djponline.pajak.go.id terus masukkan eFIN di situ pak, password Bapak yang bikin pak...